Menang Adu Penalti, Spanyol Kembali Ke Final

Posted: Juni 28, 2012 in sport

Spanyol menang adu penalti 4-2 atas Portugal dan berhak melaju ke final Euro 2012.

Spanyol berhak melaju ke final Euro 2012 usai menang adu penalti 4-2 di pertandingan semi-final di Donbass Arena, Donets’k, Kamis (28/6) dinihari WIB.

Kedua tim sebenarnya silih berganti melakukan jual-beli serangan, namun ketatnya pertahanan dari masing-masing kesebelasan membuat pertandingan berakhir imbang tanpa gol, hingga dua kali masa perpanjangan waktu. Pertandingan pun dilanjutkan dengan babak adu penalti.

//
Tampil sebagai penendang terakhir, Cesc Fabregas memastikan lolosnya Spanyol ke babak final. Di partai puncak, sang juara bertahan akan menghadapi pemenang antara Italia dan Jerman, yang baru akan berlangsung pada Jum’at (29/6) besok dinihari WIB.

La Furia Roja memang lebih diunggulkan dalam pertandingan ini, apalagi mereka tidak pernah terkalahkan di semi-final Kejuaraan Eropa. Pelatih Vicente del Bosque secara mengejutkan menurunkan Alvaro Negredo, yang memang seorang striker, menggeser Fernando Torres dan Fernando Llorente. Fabregas yang sebelumnya bermain sebagai “striker palsu” dipaksa tampil melalui bangku cadangan.

Sementara itu, pelatih Portugal Paolo Bento tidak bisa menampilkan starter yang sama seperti dalam tujuh pertandingan terakhir setelah Helder Postiga mengalami cedera saat lawan Republik Ceko di babak perempat-final. Hugo Almeida mendapat kepercayaan untuk mengisi pos tersebut dan posisinya ditopang oleh Cristiano Ronaldo di sayap kiri dan Nani di sayap kanan.

Babak Pertama

Di awal babak pertama, Portugal langsung menekan Spanyol. Pada menit kedua, tendangan sudut Miguel Veloso langsung mengarah ke gawang yang mampu ditips kiper Iker Casillas. Tendangan sudut berikutnya diambil Raul Meireles dan langsung ditangkap Casillas.

Beberapa menit kemudian, giliran Spanyol yang mengancam Portugal. Namun, ketatnya pertahanan lawan, terutama aksi Pepe dan Fabio Coentrao dalam menghalau bola, membuat sejumlah peluang tim Matador tak membuahkan hasil.

Pada menit kedelapan, tendangan Arbeloa memanfaatkan bola muntah di dalam kontak penalti tak membuahkan hasil karena masih terlalu tinggi di atas mistar gawang Portugal. Sebelumnya bola muntah terjadi akibat ketidakmampuan Negredo dalam mengejar bola usai menerima umpan dari Andres Iniesta yang menusuk ke pertahanan lawan.

Portugal tak mau kalah dalam usaha menyerang. Ronaldo menyisir di sisi kiri lapangan dan dari garis kotak penalti melepaskan umpan terukur ke depan gawang. Sudah ada rekannya, Nani, yang menyambut, namun Casillas dengan sigap menangkap bola.

Empat menit kemudian, Ronaldo mendapatkan hadiah tendangan bebas setelah dirinya dijatuhkan Gerard Pique di dekat sisi kanan kotak penalti Spanyol. Namun, tendangan bebas bintang Real Madrid itu masih membentur pagar hidup lawan.

Pada menit ke-19, Nani melakukan pergerakan berbahaya di sisi kanan dengan berusaha melewati sejumlah pemain lawan dan sempat terjatuh setelah mendapat kawalan dari Sergio Ramos yang melakukan hadangan. Namun, wasit tak menganggap itu sebagai pelanggaran.

Tujuh menit kemudian, beberapa kali usaha Portugal yang digalang Ronaldo, Almeida, dan Meireles mentah karena kemampuan pertahanan Spanyol dalam membendung gempuran. Penyelamatan terakhir dilakukan Ramos dengan dadanya sambil menjatuhkan diri. Para pemain Portugal menganggap Ramos handball, namun tidak demikian dengan wasit.

Pada menit ke-28, sebuah usaha tendangan Iniesta menyambut sodoran Xabi Alonso masih melambung di atas mistar gawang. Dua menit kemudian, giliran Portugal yang mengancam. Tendangan Ronaldo dengan kaki kiri di depan kotak penalti nyaris menjebol gawang, namun masih tipis menyamping di kanan gawang Casillas.

Saat pertandingan babak pertama memasuki menit-menit akhir, Spanyol mulai menemukan gaya permainan tiki-taka khas mereka. Namun, ketatnya pertahanan Portugal membuat serangan Spanyol terhenti di kotak penalti. Dan, pada menit ke-37, David Silva berada dalam ruang bebas untuk melakukan tusukan ke pertahanan Portugal dan melepaskan umpan ke dalam kotak penalti, namun Iniesta tak kuasa mengejar bola dan mampu ditangkap kiper Rui Patricio.

Pada menit ke-42, sebuah umpan panjang Pepe ke kotak penalti nyaris dapat digapai Almeida, namun bola melaju dengan deras dan hanya membuahkan tendangan gawang untuk Spanyol. Tiga menit kemudian, giliran pertahanan Portugal yang mendapat bahaya. Xavi nyaris mampu menggapai umpan tendangan bebas, namun Rui Patricio dengan sigap menangkap bola dan menandai pertandingan babak pertama berakhir tanpa gol.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Portugal lebih banyak melakukan inisiatif serangan ke pertahanan lawan. Namun, ketatnya pertahanan Spanyol membuat sejumlah peluang tidak membuahkan hasil.

Pada menit ke-51, Spanyol mendapat peluang, Xavi mengirim bola kepada Arbeloa di sisi kanan yang kemudian dilanjutkan dengan crossing ke kotak penalti Portugal, namun Pereira mengamankan dengan sundulan kepala.

Tiga menit kemudian, pelatih Vicente del Bosque melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Negredo dan memasukkan Fabregas. Skema seperti pertandingan lawan Prancis kembali digunakan.

Portugal memiliki peluang pada menit ke-56, tendangan keras Almeida dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang. Dua menit kemudian, sang striker kembali mendapat peluang di sisi kanan kotak penalti Spanyol, namun lagi-lagi tendangannya masih menyamping di kanan gawang Casillas.

Duel sesama pemain Real Madrid terjadi pada menit ke-59. Ronaldo melakukan tusukan ke dalam kotak penalti yang dikawal ketat Ramos, dan bintang Portugal itu sempat terjatuh setelah tangan rekannya itu mengenai pundaknya. Namun, wasit tidak memberikan hadiah penalti untuk Portugal karena tindakan Ramos bukan sebuah pelanggaran.

Sebuah peluang didapat Spanyol melalui situasi bola mati di area berbahyaa. Pada meni ke-63, Pereira mendapat kartu kuning karena secara sengaja menarik kaos Fabregas. Tendangan bebas di dekat kotak penalti dilakukan Xavi, namun Almeida melakukan penyelamatan dengan sundulan kepala.

Pada menit ke-67, situasi berbahaya didapatkan Portugal. Xavi yang berada di ruang cukup bebas melepaskan tendangan keras dari depan kotak penalti, namun bola justru mengarah tepat dalam dekapan Rui Patricio. Satu menit sebelumnya, Alonso juga mendapatkan peluang, namun tendangannya masih menyamping.

Duel sesama pemain Real Madrid kembali terjadi, tepatnya pada menit ke-71, kali ini antara Ronaldo dan Arbeloa. Pemain yang terakhir memaksa menghadang rekannya itu sehingga membuahkan pelanggaran beberapa meter di depan kotak penalti. Tendangan bebas langsung diambil Ronaldo sendiri. Sayang, tendangannya sangat tipis di atas gawang Casillas.

Empat menit kemudian, Nani berusaha melepaskan sebuah umpan ke depan gawang, namun bola mengenai Xavi di dalam kotak penalti. Dalam tayangan ulang terlihat, gelandang Barcelona itu menggunakan tangannya untuk menutup dada terhadap tendangan keras Nani, namun wasit tak melihat hal itu sebagai pelanggaran.

Pada menit ke-80, Veloso melepaskan tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Spanyol, namun bola dengan mudah mampu digapai Casillas.

Lagi-lagi duel sesama pemain Real Madrid terjadi, kali ini pada menit ke-82, antara Ronaldo dan Alonso. Pergerakan Ronaldo dihentikan rekannya itu sehingga membuahkan pelanggaran. Tendangan bebas Ronaldo dari jarak 26 meter mengenai tangan Arbeloa yang kemudian mendapat kartu kuning. Tendangan bebas kembali diambil Ronaldo, dan kali ini justru melambung di atas mistar gawang.

Dua menit jelang pertandingan waktu normal berakhir, Portugal melakukan serangan balik berbahaya akibat tendangan bebas lemah dari Alonso. Ronaldo mendapatkan peluang emas. Mendapat umpan dari rekannya Meireles, ia kemudian melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya namun bola justru menyamping dan melambung di udara.

Extra Time Pertama

Spanyol langsung menggebrak pertahanan Portugal melalui isi kiri pertahanan lawan. Jesus Navas melepaskan crossing berbahaya ke arah depan gawang, namun masih ada Pepe yang mampu menghalau bola.

Beberapa saat kemudian, Pedro melakukan tusukan di sisi kanan pertahanan Portugal dan bekerjasama dengan Iniesta, namun ada Pereira yang sigap emncuri bola dari pemain Spanyol terakhir.

Pada menit ke-95, tendangan keras Iniesta memanfaatkan bola muntah masih membentur Bruno Alves. Sebelumnya Pepe menghalau sebuah crossing dari sisi kanan pertahanan Portugal.

Tiga menit berselang, Pique melakukan tugas pertahanan dengan bagus. Bek Barcelona itu menekel bersih Ronaldo di sisi kiri pertahanan Spanyol. Empat kemudian giliran Jordi Alba yang dengan sigap menghalau bola dari usaha Ronaldo dalam menjangkau bola.

Pada menit ke-103, Rui Patricio melakukan penyelamatan gemilang dengan menghalau bola hasil tendangan voli Iniesta usai menerima umpan matang dari Pedro di sisi kiri lapangan.

Spanyol tampaknya tampil agresif jelang perpanjangan waktu pertama ini akan berakhir. Beberapa saat kemudian, mereka mendapat tendangan bebas setelah Pepe menjatuhkan Pedro. Tendangan bebas dilakukan Ramos, yang justru masih melambung di atas mistar gawang Rui Patricio.

Extra Time Kedua

Di awal perpanjangan waktu kedua ini, Portugal sempat membuat pertahanan Spanyol terkejut. Sebuah crossing dilesakkan Fabio Coentrao ke arah Ronaldo yang sudah menunggu di depan gawang, namun masih ada pemain bertahan Spanyol yang melakukan sapuan dengan baik.

Pada menit ke-120, Navas melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang sempat ditips Rui patricio dan bola mengarah kepada Pepe dan kembali ditangkap sang kiper. Aman gawang Portugal dari serbuan lawan.

Dua menit berselang, Alonso terpaksa menjatuhkan Ronaldo yang berusaha melakukan serangan balik, meski berbuah kartu kuning untuk sang gelandang.

Satu menit kemudian, Pedro mendapatkan peluang emas setelah menerima umpan terobosan dari Fabregas. Namun, tiga bek Portugal langsung mendekat, dan Coentrao yang akhirnya melakukan sapuan bersih.

Pada menit ke-126, kerjasama Iniesta dan Fabregas nyaris mengancam pertahanan Portugal, namun salah satu dari mereka dianggap wasit sudah terjebak off-side saat akan menerima umpan.

Babak Adu Penalti

Alonso, yang tampil sebagai penendang pertama Spanyol, gagal mengeksekusi penalti karena mampu dihalau Rui Patricio. Penendang pertama dari Portugal, Joao Moutinho, ternyata juga gagal karena mampu digagalkan Casillas. Kedudukan masih sama kuat.

Tiga penendang Spanyol berikutnya, Iniesta, Pique, Ramos berhasil menjalankan tugas. Demikian pula dua penendang Portugal berikutnya, Pepe dan Nani. Namun, Bruno Alves, yang harus bisa menceloskan bola untuk membuat kedudukan sama 3-3 justru gagal karena bola mengenai mistar gawang.

Penendang terakhir Spanyol yang dilakukan Fabregas membuahkan hasil sehingga membuat kedudukan menjadi 4-2 dan mengantarkan tim melaju ke final serta berpeluang mempertahankan gelar.

Ikuti jalannya pertandingan semi-final Euro 2012 antara Portugal dan Spanyol secara LIVE di GOAL.com Indonesia.

Susunan Pemain:

Portugal (4-3-3): Patricio; Pereira, Pepe, Bruno Alves, Coentrao; Moutinho, Veloso, Meireles; Nani, Almeida, Ronaldo.

Cadangan Beto, Eduardo, Costa, Rolando, Lopes, Custodio, Micael, Viana, Quaresma, Oliveira, Varela, Postiga.

Spanyol (4-3-3): Casillas; Arbeloa, Ramos, Pique, Alba; Alonso, Busquets, Xavi; Silva, Negredo, Iniesta.

Cadangan: Reina, Valdes, Albiol, Martinez, Juanfran, Cazorla, Navas, Mata, Pedro, Llorente, Torres, Fabregas.

http://www.goal.com/id-ID/match/82165/portugal-vs-spanyol/report

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s