Yunani vs R.ceko

Posted: Juni 13, 2012 in sport

Bola.netMatchday kedua Grup A Euro 2012 mempertemukan dua tim yang sedang sakit. Yunani kehilangan dua bek utama mereka sedangkan Republik Ceko masih sakit hati akibat dibantai Rusia di matchday pertama. Pertandingan ini digelar di Stadion Miejski, Wroclaw, Selasa (12/06).

Dua gol kilat membawa Ceko lumpuhkan Yunani di babak pertama. Namun Yunani tampil terbuka di babak kedua dan berhasil memperkecil kekalahan lewat gol Gekas.

Republik Ceko langsung tancap gas begitu wasit memberi sinyal dimulainya pertandingan. Para pemain Ceko ingin memanfaatkan kekurangan di lini belakang Ceko dengan langsung tampil menyerang.

Hasilnya instan! baru tiga menit berjalan, Tomas Hubschman mengirim umpan yang membelah pertahanan Yunani. Umpan itu diterima dengan sempurna oleh Petr Jiracek yang kemudian berhasil mencetak gol.

Pertahanan Yunani yang sebelumnya dikenal begitu tangguh terlihat begitu rapuh saat mengantisipasi serangan pemain-pemain ceko yang memiliki kecepatan. Kelemahan Yunani ini rupanya terbaca oleh Ceko.

Theodor Gebre Selassie menyisir di sisi kanan sebelum melepaskan umpan menyusur tanah ke depan gawang Yunani di menit keenam. Vaclav Pilar berhasil memngarahkan bola ke gawang yang sudah kosong meskipun dikawal dua pemain Yunani.

Suporter Yunani semakin khawatir ketika melihat penjaga gawang Kostas Chalkias harus keluar karena mengalami cedera dan digantikan oleh Michalis Sifakis.

Yunani yang berada dalam tekanan sedikit demi sedikit mulai berusaha bangkit. Meski masih didominasi lawan, Yunani mampu menunjukkan serangan-serangan sporadis. Puncaknya, Fotakis mencetak gol indah di menit 40. Sayang, wasit menganulir gol itu karena dinilai offside.

Babak pertama diakhiri dengan skor 2-0 untuk keunggulan Ceko.

Kedua tim melakukan pergantian pemain di awal babak kedua, namun sudah jelas bahwa Yunani adalah tim yang ingin tampil menyerang di sisa pertandingan.

Tak sia-sia Fernando Santos memasukkan Theofanis Gekas. Penyerang Samsunspor ini berhasil mengurangi defisit kekalahan timnya di menit ke 53. Meskipun gol itu berawal dari kesalahan komunikasi antara Petr Cech dengan Tomas Sivok.

Namun Gekas bisa berada di tempat dan waktu yang tepat untuk memanfaatkan blunder pertahanan Ceko itu. ‘Hadiah’ dari Petr Cech itu tak disia-siakan dan Gekas berhasil menempatkan bola ke gawang yang sudah melompong.

Ceko tidak bermain nyaman setelah gol Gekas dan situasi itu dimanfaatkan oleh Yunani untuk tampil lebih menyerang. Arah pertandingan berbalik, Ceko nervous dan Yunani lebih terorganisir.

Ceko mulai bisa bermain tenang sepuluh menit menjelang pertandingan berakhir. Walaupun masih memberi ruang bagi para pemain Yunani, permainan antar lini Ceko terlihat lebih terkoordinasi.

Hingga tambahan waktu tiga menit habis, Yunani tak mampu menyelamatkan pertandingan. Skor 1-2 membuat Yunani kini berada di urutan terbawah klasemen Grup A.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s